KOREM 063/SGJ BERPERAN BESAR TINGKATKAN PEREKONOMIAN WARGA DI TENGAH PANDEMI

Inderawaspada, Cirebon,- (Korem 063), Korem 063/Sunan Gunung Jati berperan besar dalam meningkatkan perekonomian warga di tengah pandemi. Berbagai terobosan dilakukan untuk membantu warga tetap produktif dalam kesulitan ekonomi.

Beberapa hal yang telah dilakukan diantaranya dengan mengintruksikan seluruh anggota TNI jajaran korem 063/SGJ hingga Bintara Pembina Desa (Babinsa), untuk membantu masyarakat bangkit. Warga diedukasi agar tidak takut virus corona (covid-19), namun tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Kami mendorong masyarakat jangan takut dan harus tetap produktif, tapi tetap menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak,” ujar Danrem 063/SGJ, Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, S.A.P, Jum’at (18/12/2020).

Langkah lain yang telah dilakukan adalah dengan memaksimalkan penggunaan pupuk cair Bios 44 DC. Penggunaan pupuk ini terbukti membantu warga meningkatkan kesuburan tanah dan menghasilkan produksi pertanian padi lebih melimpah.

Salah satu penerima manfaat Bios 44 DC adalah kelompok tani di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Hasil pertanian padi mengalami peningkatan hingga 25 kwintal per hektare setelah penggunaan pupuk cair tersebut.

“Dan Bios 44 ini tidak hanya untuk pertanian, tetapi juga untuk peternakan dan perikanan sebagai penambah nutrisi makanan ternak dan peternakan,” ujar Danrem.

Elkines menjelaskan, sebanyak 8 Kodim dibawah Korem 063/SGJ diperintahkan langsung untuk berinovasi dan membantu masyarakat mencegah keterpurukan ekonomi. Terlebih, hingga kini belum ada kepastian kapan pandemi global ini berakhir.

Related Post
1 of 823

“Kami terus turun ke lapangan, menyampaikan edukasi dan motivasi. Jadi yang berdagang silakan berdagang, petani juga tetap harus menggarap lahan mereka, dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan tentunya,” ujar Elkines.

Lebih jauh, Korem 063/SGJ juga mendorong masyarakat memanfaatkan lahan tidur agar menjadi lahan produktif. Ini dilakukan untuk memberikan manfaat ekonomis serta menjadi penopang ketahanan pangan daerah.

“Setidaknya untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan diharapkan bisa lebih sehingga bermanfaat dari sisi ekonomi,” ujar Elkines.

Salah satu wujud nyata dari program pemanfaatan lahan tidur adalah dengan dilakukannya penanaman sereh wangi. Dari tanaman ini menghasilkan berbagai produk seperti aroma terapi, pengharum ruangan dan mobil, pewangi pakaian.

“Dan minuman khas Majalengka Wedang Uwuh Sugih Mukti untuk kesehatan sekaligus produk ini akan menjadi ikon Kabupaten Majalengka,” ujar Elkines. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.