Waketum CIB Nilai DPUTR Kabupaten Cirebon Tak Transparan Soal Anggaran

Cirebon,Wakil Ketua Umum (Waketum) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Cakrabuana Indonesia Bersatu (CIB), Bobi Delan mempertanyakan penyerapan anggaran pelaksanaan kegiatan infrastruktur serta pemeliharaan jalan di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Cirebon pada tahun 2021 serta 2022.

 

 

 

“Betul kami juga ingin tahu yang sebenar-benarnya serapan anggaran perbaikan jalan, jembatan dan senderan serta berapa jumlah anggaran pemeliharaan jalan di periode tahun 2021 dan 2022 yang saat ini sedang berlangsung,” kata Bobi disela-sela kesibukannya pada Selasa, 23 Agustus 2022.

 

 

Bahkan, Bobi mengaku bahwa pihaknya sulit untuk mendapatkan informasi serapan anggaran pelaksanaan kegiatan infrastruktur dan pemeliharaan jalan di DPUTR Kabupaten Cirebon pada tahun tersebut.

 

 

 

“Karena kami sangat susah sekali menemui pihak DPUTR Kabupaten Cirebon untuk mengetahui dari pagu anggaran serta realisasinya sejauh mana,” ungkapnya sambil meluapkan kekecewaannya.

 

Sehingga, ia menilai terdapat dugaan kejanggalan dalam serapan anggaran pelaksanaan kegiatan infrastruktur dan pemeliharaan jalan pada tahun tersebut.

 

 

“Sepertinya kejanggalan itu dipicu oleh ketidaktransparanan. Karena sering kami lakukan di lapangan melakukan konfirmasi untuk mengetahui sejauh mana regulasi dan mekanismenya. Kaya contohnya, proyek jembatan, jalan, dan senderan itu mereka diam seakan-akan bungkam untuk memberikan paparan ketransparansian ke publik kepada kami,” tegas Bobi.

 

 

Related Post
1 of 834
Oleh karena itu, dirinya berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon agar dapat transparan dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang telah di anggarkan oleh pemerintah.

 

 

“Karena di dalam Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 sudah jelas, bahwa semua anggaran dari pemerintah untuk pembangunan harus transparan,” ujar Bobi sambil menaruh harapan besar kepada Pemda Kabupaten Cirebon.

 

 

Mengkonfirmasi hal ini, Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan Jalan dan Jembatan, DPUTR Kabupaten Cirebon, Tomy Hendrawan lebih memilih irit berbicara untuk menjelaskan hal tersebut.

 

 

“Sebentar Pak, beri kami waktu untuk menjelaskan itu,” ujar Tomi Hendriawan melalui sambungan telepon Watshapp.
Leave A Reply

Your email address will not be published.